Minggu, 22 April 2012

Onde-onde tepung ketan

Onde-onde ini adalah salah satu snack pertama yang dikenalkan oleh mama ku. Kalo liat snack ini aku ingat kenangan masa kecil. Waktu aku masih duduk di bangku SD, pulang sekolah aku duduk di depan sekolah menjajakan berbagai dagangan mama seperti onde-onde, pastel, dan donat.
Walaupun orang tuaku kepala sekolah, tapi aku diajarkan sejak kecil bahwa mencari uang itu tidak mudah.
Aku buat sendiri di rumah, dan hasilnya....dalam sekejap onde-onde itu lenyap tak bersisa, alias dimakan anak-anak dan abinya...qiqiqi...
Snack ini akan masuk daftar dagangan aku nanti.
Mau tau resepnya, ini dia...

RESEP ONDE-ONDE TEPUNG KETAN

                                                                                             
Original recipe by Eyang utinya Raihan
Modified by: Lala Zulaiha

Bahan kulit :
500 gr tepung ketan (aku pakai merk Rose Brand)
4 sdm terigu protein sedang (aku pakai Segitiga Biru)
1/2 sachet ragi instan (aku pakai fermipan)
1/2 sdt baking powder
Air secukupnya
Garam secukupnya

Bahan isian :
Kacang hijau 250kg
Gula Jawa 150gr (atau sesuai selera)
Air 2 gelas belimbing

Taburan :
Wijen secukupnya

Cara membuat :
1. Rebus kacang hijau sampai meletak atau pecah kacangnya, lalu masukkan gula Jawa, api dikecilkan   
    sampai air habis. Angkat, dinginkan.
2. Semua bahan kulit diuleni sampai kalis dan bisa dipulung. Diamkan selama 30 menit
3. Ambil sejumput bahan kulit, isi dengan bahan isian, bulatkan, lalu gulingkan di mangkuk berisi wijen.
4. Siap digoreng.

Tips :
1. Supaya tidak berair, bahan isian ditaburi terigu sedikit sampai bisa dipulung.
2. Goreng onde-onde dengan api kecil, karena jika tidak wijen akan cepat gosong sementara tepung di dalam masih mentah.
   
 


                                                                                        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar